Cara riset keyword

26 Januari 2017

Cara Menggunakan Keyword Planner Untuk Mencari Kata Kunci

Kaget dan lumayan bingung ketika ingin mencari kata kunci melalui Google Keyword Tool. Karena Google secara resmi menggantikan alat riset kata kunci (Google Keyword Tool = GKT) menjadi alat riset baru (Google Keyword Planner = GKP) yg tujuan utamnya adalah supaya kita sebagai pengguna lebih terintegrasi dengan pusat iklan Google Adwords.

Perubahan google keyword tool ke keyword planner yang terintegrasi dalam akun adwords ini nampaknya dilakukan google untuk menggenjot pendapatannya dari iklan. Sehingga diharapkan para pengiklan akan lebih mudah untuk membuat ad campaign dan ad group.

Bagaimana cara menggunakan Google Keyword Planner ?

Berbeda dengan google keyword tool yang bisa digunakan tanpa harus login menggunakan akun google, keyword planner mengharuskan anda memiliki akun di adwords. Loginlah di sana, kemudian anda bisa memilih “alat dan analisis” (tools and analysis) dan pilih “perencana kata kunci” (keyword planner).

Setelah login (Sign in), akan muncul halaman pendaftaran jika Sobat baru pertama kali buka akun ini. Ini tampilannya :

Setelah Sobat klik tombol Continue di atas, maka akan di bawa ke halaman verifikasi akun sbb :

Untuk memakai alat Google Keyword Planner secara gratis, Sobat bisa klik tulisan biru di atas ‘Sign in to your Adwords account’. Nanti hasilnya terlihat seperti ini :

Setelah Sobat memilih Sub menu Keyword Planner di atas, maka akan dibawa ke halaman riset sbb :

Setelah Sobat klik cara riset pertama di atas, maka akan terlihat kotak pengisian keyword sbb :

Selanjutnya Sobat bisa menekan tombol Get Ideas atau Dapatkan Ide untuk melihat jumlah pencari (pasar) ‘produk kecantikan’ dan kata kunci turunannya sbb :

Hasil rekomendasi Om Google untuk jumlah pencari kata kunci utama dan kata kunci turunan adalah sbb :

Setelah tekan tombol Download di atas, maka akan keluar kotak dialog 1, dialog 2, dan dialog 3 sbb :

Setelah Sobat pilih open with, lalu tekan tombol OK di atas, maka kumpulan keyword yg jumlahnya ratusan tadi akan tersaji di komputer Sobat dalam format excel sbb :

Nanti kolom yg tersisa seperti ini :

Baca Juga : cara menghasilkan uang lewat internet

Tidak ada Komentar